Monday, July 18, 2016

AKTIVIS BISA LULUS TEPAT WAKTU



AKTIVIS BISA LULUS TEPAT WAKTU

Mahasiswa adalah abadi adalah mahasiswa yag tidak bisa lulus tapat waktu. Orang-orang beranggapan bahwa mereka terlalu disibukkan oleh organisasi kampus ataupun pekerjaan. Sekarang ini beberapa pihak beranggapan bahwa menjadi mahasiswa abadi itu wajar karena semua itu dilakukan demi kebaikan mereka, hal itulah yang sangat miris.
Alasan sibuk dengan organisasi kampus merupakan alasan yang kurang tepat untuk dicetuskan. Karena sejatinya mahasiswa itu sudah harus bisa mengelola waktu antara keliah dan organisasi agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan terkendali. Sehingga pada akhirnya mahasiswa tersebut bisa lulus tepat waktu. Menjadi mahasiswa abadi biasanya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena sibuk dengan organisasi kampus, hal inilah yang sering dijadikan alasan para mahasiswa. Padahal semua itu bergantung pada diri mahasiswa masing-masing dan bergantung bagaimana mereka mengatur waktu sebaik mungkin. Faktor yanng lain adalah pengaruh masalah percintaan yang sebagaian besar pasti dialami para mahasiswa. Cinta pada masa kuliah sendiri bisa menjadi penyemangat dan bisa menjadi bumerang pada prestasi. Pada kenyataannya akibat dari masalah cinta, banyak mahasiswa yang mengesampingkan urusan kuliah mereka. Kemudian masalah yang paling banyak dihadapi mahasiswa adalah rasa malas. Rasa malas merupakan musuh yang sangat berbahaya dan sulit untuk ditanggulangi. Namun, bagaimana pun mahasiswa harus berusaha menghilangkan rasa malas tersebut. Faktor yang berikutnya adalah karena mahasiswa kurang bersungguh dalam proses perkuliahan, sehingga nilai mata kuliah yang dia dapatkan jauh dari kata memuaskan. Hingga akhirnya dia pun harus mengulang banyak mata kuliah.
Banyak sekali alasan mengapa fenomena mahasiswa abadi banyak terjadi di Indonesia dan tentu hal tersebut akan menimbulkan banyak sekali kerugian bagi dirinya sendiri dan pihak-pihak lain. Jika mereka lulus tepat waktu, mereka sudah bisa merancang rencana untuk mencari pekerjaan apa yang akan mereka pilih atau bahkan merancang bisnis yang akan dipilihnya. Namun, karena waktu kelulusan yang telat, hal tersebut harus tertunda entah sampai kapan. Menjadi mahasiswa abadi juga akan merugikan orang tua atau wali mereka. Sebab semakin lama mahasiswa lulus kuliah maka semakin banyak pula dana, tenaga, dan pikiran orang tua yang harus dicurahkan. Tidak hanya itu, pemerintah dan masyarakat juga akan ikut dirugikan, karena anggaran yang diperuntukkan kepada mahasiswa diperoleh dari hasil pembayaran pajak akan terus mengalir. Selain itu dengan banyaknya mahasiswa abadi, kesempatan siswa lulusan SMA dan sederajat untuk masuk ke perguruan tinggi yang diminati juga akan berkurang.

No comments:

Post a Comment