Monday, July 18, 2016

Kata Sambutan



Kata Sambutan
            Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT.Rahmat dan keselamatan semoga tetap atas utusan Allah SWT beserta para keluarga dan sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya, dan tidak ada daya dan tidak ada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah SWT.
            Dengan segala limpahan rahmat, taufik, hidayah, dan inayah-Nya dan dengan segala ikhtiar dan kerja keras, Alhamdulillah mahasiswa semester 1x  telah mampu menyelesaikan tugas akhir Mata Kuliah Telaah Materi berupa penyusunan buku teks Bahasa Indonesia untuk siswa SMP/MTs dengan tepat waktu.
            Buku teks yang disusun ini merupakan rangkaian pengembangan produk pembelajaran secara keseluruhan, yang sebelumnya telah disusun perangkat media pembelajaran berbasis IT dan perangkat asesmen pembelajaran.
            Penulisan buku teks ini dilakukan secara bertahap selama satu semester, dimulai dengan langkah (1) menelaah materi bahan ajar: menelaah SK dan KD, menentukan indikator, menganalisis materi pembelajaran, dan menentukan kegiatan pembelajaran; kemudian (2) menyusun bahan ajar sesuai dengan sistematika yang disepakati, dan terakhir (3) mengevaluasi dan merevisi dari segi kelayakan isi, ketepatan unsur kebahasaan, ketepatan penyajian, dan ketepatan kegrafikan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, buku teks yang disusun diharapkan sudah layak untuk digunakan di sekolah.
            Harapan kami, semoga buku teks ini bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa sebagai calon guru masa depan memang seharusnyalah memiliki kemampuan dan kemauan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk menghasilkan buku teks yang lebih baik lagi, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.
            Terakhir, terima kasih kami sampaikan pada semua pihak yang turut membantu
selesainya buku teks ini.








Kata Pengantar
Seperti yang diketahui bahwa penguasaan dan pemahaman bahasa adalah kunci sukses dalam mempelajari bidang-bidang ilmu yang lainnya. Dengan demikian bila ingin sukses dan terampil dalam belajar mengajar bidang ilmu lainnya, kuasailah lebih dulu pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Salah satu keberhasilan pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah melahirkan anak bangsa yang mampu belajar secara mandiri. Dalam hal ini, Kalian mampu menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan media pelajaran (buku penunjang) yang dapat memberikan cakrawala dalam menghadapi tantangan global seperti sekarang ini. Kemampuan Kalian dalam mengembangkan aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat membaca buku penunjang, buku  tersebut hendaknya, mampu mengejawantahkan kemampuan pribadi dan kelompok sesuai dengan tujuan stkalian kompetensi dan kompetensi dasar. Hal ini berhubungan dengan prinsip bahwa pelajaran bahasa dan sastra Indonesia bukan semata teori yang harus dihafal.
Berdasarkan tujuan tersebut, buku Cerdas Berbahasa Indonesia ini  hadir untuk membawa Kalian berpetualang dalam suasana belajar yang menyenangkan, dengan tetap mengedepankan aspek penggalian potensi diri.
Akhir kata, penulis menyampaikan terima kasih kepada Dosen Pembimbing Mata  Kuliah Telaah Materi Dr. Sri Wahyuni, M.Pd. yang telah membantu terwujudnya buku ini. Selain itu, kelompok penulis juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang sumber tulisan atau gambarnya dimuat dalam buku ini, baik dari situs internet maupun dari berbagai buku.
Semoga kehadiran buku ini dapat menambah perbendaharaan ilmu bahasa dan sastra Kalian.

Malang, Januari 2014

No comments:

Post a Comment