Kata Sambutan
Puji syukur kami
panjatkan ke hadirat Allah SWT.Rahmat dan keselamatan semoga tetap atas utusan
Allah SWT beserta para keluarga dan sahabatnya dan orang-orang yang
mengikutinya, dan tidak ada daya dan tidak ada kekuatan melainkan dengan pertolongan
Allah SWT.
Dengan segala limpahan
rahmat, taufik, hidayah, dan inayah-Nya dan dengan segala ikhtiar dan kerja
keras, Alhamdulillah mahasiswa semester 1x
telah mampu menyelesaikan tugas akhir Mata Kuliah Telaah Materi berupa
penyusunan buku teks Bahasa Indonesia untuk siswa SMP/MTs dengan tepat waktu.
Buku teks yang disusun
ini merupakan rangkaian pengembangan produk pembelajaran secara keseluruhan,
yang sebelumnya telah disusun perangkat media pembelajaran berbasis IT dan
perangkat asesmen pembelajaran.
Penulisan buku teks ini
dilakukan secara bertahap selama satu semester, dimulai dengan langkah (1)
menelaah materi bahan ajar: menelaah SK dan KD, menentukan indikator,
menganalisis materi pembelajaran, dan menentukan kegiatan pembelajaran;
kemudian (2) menyusun bahan ajar sesuai dengan sistematika yang disepakati, dan
terakhir (3) mengevaluasi dan merevisi dari segi kelayakan isi, ketepatan unsur
kebahasaan, ketepatan penyajian, dan ketepatan kegrafikan. Dengan mengikuti
langkah-langkah tersebut, buku teks yang disusun diharapkan sudah layak untuk
digunakan di sekolah.
Harapan kami, semoga
buku teks ini bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran bahasa
Indonesia. Mahasiswa sebagai calon guru masa depan memang seharusnyalah
memiliki kemampuan dan kemauan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk
menghasilkan buku teks yang lebih baik lagi, kami mengharapkan kritik dan saran
yang membangun.
Terakhir, terima kasih
kami sampaikan pada semua pihak yang turut membantu
selesainya buku teks ini.
Kata Pengantar
Seperti
yang diketahui bahwa penguasaan dan pemahaman bahasa adalah kunci sukses dalam
mempelajari bidang-bidang ilmu yang lainnya. Dengan demikian bila ingin sukses
dan terampil dalam belajar mengajar bidang ilmu lainnya, kuasailah lebih dulu
pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Salah satu keberhasilan pelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia adalah melahirkan anak bangsa yang mampu belajar secara mandiri.
Dalam hal ini, Kalian mampu menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan
berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Oleh sebab
itu, diperlukan media pelajaran (buku penunjang) yang dapat memberikan
cakrawala dalam menghadapi tantangan global seperti sekarang ini. Kemampuan Kalian dalam mengembangkan aspek
mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat membaca
buku penunjang, buku tersebut hendaknya,
mampu mengejawantahkan kemampuan pribadi dan kelompok sesuai dengan tujuan
stkalian kompetensi dan kompetensi dasar. Hal ini berhubungan dengan prinsip
bahwa pelajaran bahasa dan sastra Indonesia bukan semata teori yang harus
dihafal.
Berdasarkan tujuan tersebut, buku Cerdas Berbahasa Indonesia ini hadir
untuk membawa Kalian berpetualang dalam suasana belajar yang menyenangkan,
dengan tetap mengedepankan aspek penggalian potensi diri.
Akhir kata, penulis menyampaikan terima kasih kepada
Dosen Pembimbing Mata Kuliah Telaah
Materi Dr. Sri Wahyuni, M.Pd. yang telah membantu terwujudnya buku ini. Selain
itu, kelompok penulis juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang
sumber tulisan atau gambarnya dimuat dalam buku ini, baik dari situs internet
maupun dari berbagai buku.
Semoga kehadiran buku ini dapat menambah
perbendaharaan ilmu bahasa dan sastra Kalian.
Malang, Januari 2014
No comments:
Post a Comment