Tuesday, July 5, 2016

Dream Muhammad Syafii Book Pengusaha Muda



Nama                                       : Muhammad Syafi’i
Jenis Kelamin                          : Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir            : Sampit, 28 Desember 1994
Kewarganegaraan                   : Indonesia
Hobby                                     : Mancing, Renang, Petualang
Agama                                     : Islam
Tinggi Badan                          : 159 Cm
Berat Badan                            : 49 Kg
Golongan Darah                      : B
Alamat                                                : Sampit, Kuin Permai
Status                                      : Mahasiswa
No. Telepon                            : 085607016117
E-mail                                      : syafiim545@gmail.com
Pendidikan                              : SD, SMP, SMK,
Pengalaman Kerja                   : -
Prestasi                                    :-
Idola                                        : Ayah dan Ibu (Merekalah yang selalu memberikan semangat dan      motivasi dalam menuntut Ilmu )


Hal-hal yang menginventarisasi Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan dalam diri saya adalah melakukan sesuatu yang menurut saya itu benar.
Kekurangan dalam diri saya adalah malas belajar, tidak suka membaca, kadang-kadang sering mengeluh.


Hal-hal pemetaan impian dan langkah-langkah untuk mencapainya..?
            Impian dalam diri saya adalah ingin menjadi seorang Pembisnis dan mandiri tidak hanya mengantungkan kepada orang lain ataupun kepada ke dua Orang Tua yang selama ini sudah memberikan yang terbaik untuk saya.
            Langkah-langkah yang harus saya jalanin adalah pertama merubah kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan, seperti malas belajar, malas membaca, sering mengeluh dll.


Latar Belakang
            Di dunia bisnis seperti sekarang ini, banyak bermunculan pesaing-pesaing yang akan mengisi ruang persaingan di dunia bisnis. Maka setiap pebisnis akan berpikir keras untuk dapat bersaing dan juga dapat mengungguli para pesaingnya dengan bermacam-macam cara. Dan salah satunya di produknya yang sangat mencolok, untuk itu mereka berupaya mengolah kembali dan memperbaiki produk yang akan dihasilkan. Dengan begitu produk yang dihasilkan akan lebih baik kualitasnya sehingga untuk volume penjualan produknya akan meningkat dan bersaing.
Setiap produsen akan selalu menjaga kualitas produknya agar mereka dapat permintaan produk yang lebih banyak karena dengan kualitas produk yang bagus maka konsumen pun akan percaya dan loyal terhadap produk yang dihasilkan, sehingga produsen pun akan mendapatkan keuntungan. Dan jika produsen tidak memikirkan kualitas produk dan hanya memikirkan keuntungan maka produsen tidak akan berhasil mendapatkan pelanggan maupun bersaing dengan pesaing-pesaingnya.
Dalam pemasaran produk pun sangat perlu dan penting dalam penjualan, tetapi kualitas produk juga sangan penting dalam penjualan. Maka kualitas produk ini sangat berpengaruh dalam jumlah atau volume penjualan. Dengan kualitas produk yang bagus dan baik maka penjualan pun akan baik dan bagus atau dengan kata lain meningkat volume penjualannya. Beras adalah komoditas strategis dan merupakan pangan pokok bangsa Indonesia. Konsumsi beras setiap tahun selalu meningkat seiring dengan penambahan penduduk diindonesia. Masalah besar petani adalah kehilangan hasil, mutu yang rendah dan harga yang flukuatif yang cenderung tidak memberikan insentif kepada mereka sangat amat dirasakan dan perlu segera solusinya. Kehilangan pasca panen masih tinggi. Mutu beras yang dihasilkan umumnya sangat rendah yang dicirikan oleh beras patah (broken) yang lebih dari 15% dengan rasa, warna yang kurang baik. Selanjutnya harga ditingkat petani belum dapat memperbaiki tingkat pendapatan yang di hasilkan.
            Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi telah banyak peralatan dan mesin yang dibuat untuk penanganan pasca panen yang dapat membantu petani dalam mengefektifkan dan mengefisienkan hasil pengilingan padi sehingga harga padi dapat sesuai dengan harga dan kebutuhan pasar.

Tujuan
Adapun tujuan digunakannya pengilingan padi adalah sebagai berikut :
1.      Mengurangi jumlah kehilangan beras akibat penumbukan.
2.      Mengurangai dan mempertahankan kualitas beras hasil gilingan.
3.      Mengefektikan dan mengefisienkan waktu, biaya dan pekerja.

Visi, Misi dan Tujuan
Visi :
      Menjadi bisnis yang sukses dan bisa mencukupi kebutuhan beras di Indonesia serta menyediakan lapangan pekerjaan.
Misi :
Menjadi bisnis penjualan beras terbesar di Indonesia dan bisa mencukupi kebutuhan beras di Indonesia di segala penjuru daerah dan tidak terhenti pada musim-musim tertentu serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang bisa mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Tujuan
1.      Menjadi bisnis penjualan beras terbesar di Indonesia.
2.      Bisa mencukupi kebutuhan beras yang ada di Indonesia.
3.      Mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia.       
Analisis Situasi (swot) Peluang Usaha
            Dengan adanya analisis situasi peluang usaha kita bisa mengetahui situasi dan kondisi yang ingin kita lakukan dalam membuka usaha penjualan beras dan mengidentifikasi faktor-faktor Internal usaha berupa pemasaran, produksi, keuangan, dan sumber daya manusia. Dan Eksternal yaitu Sosial masyarakat, budaya, ekonomi dan perkembangan Teknologi.
a.       Produksi
1.      Bahan baku
Bahan baku disi tidah ada melainkan hanya satu produk yaitu beras.
2.      Tenaga kerja
Dalam penentuan tenaga kerja :
1)      Jujur
2)      Di siplin dalam bekerja dan
3)      Ramah-tamah dalam melayani pelanggan.

3.      Peralatan yang di gunakan adalah :
Secara umum, mesin-mesin yang digunakan dalam usaha industri jasa penggilingan padi dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1)      Mesin pemecah kulit/sekam atau pengupas kulit/sekam gabah kering giling (huller atau husker).
2)      Mesin pemisah gabah dan beras pecah kulit (brown rice separator).
3)      Mesin penyosoh atau mesin pemutih (polisher)
4)      Mesin pengayak bertingkat (sifter).
5)      Mesin atau alat bantu pengemasan (timbangan dan penjahit karung)
4.      Biaya
Dalam pembiyaan masih mengikuti pasaran
5.      Waktu
Untuk waktu kita jadwalkan dalam setiap harinya
Senin – Minggu  (08:00 - 16:00)
b.      Proses produksi
Padi harus segera dikeringkan untuk menghindari pertumbuhan kapang yang dapat menyebabkan warna kuning. Pengeringan dapat dilakukan dengan memakai sinar matahari (penjemuran dengan menggunakan tikar, tampah, lamporan), pengering buatan dan pengering surya.
Lamporan dibuat miring supaya air dapat mengalir dan untuk mencegah air tergenang. Pada pengering buatan, jika kering cepat maka akan banyak menghasilkan beras patah. Sedangkan pengeringan dengan sinar matahari untuk menghasilkan beras kepala. Pengeringan surya tidak cocok untuk gabah biasa. Pengeringan surya ini sangat mahal biasanya untuk padi bulu yang nilai ekonominya tinggi.
a. Penggabahan
Cara penggabahan antara lain diinjak-injak, dipukulkan, ditumbuk, menggunakan pedal thresner dan mesin perontok. Keuntungan cara penggabahan diinjak-injak adalah kerusakan fisik kecil dan kemungkinan loss/hilang/terpelanting sangat kecil, sedangkan kerugiannya adalah kapasitasnya rendah. Keuntungan bila dipukulkan adalah kapasitas lebih besar sedangkan kerugiannya adalah ada beras yang patah, loss lebih besar. Untuk menghindarinya harus dikerjakan dalam pulungan. Keuntungan bila ditumbuki adalah kapasitas lebih besar dari pada diijak- injak, sedangkan kerugiannya adalah rendemen yang dihasilkan rendah karena banyak beras yang patah. keuntungan dengan menggunakan pedal thresner adalah kapasitasnya besar sedangkan kerugiannya adalah banyak beras yang patah.
b. Penggilingan dan Penyosohan
Penggilingan adalah proses pemisahan sekam dan kulit luar kariopsis dari biji padi agar diperoleh beras yang dapat dikonsumsi. Terdapat berbagai jenis teknologi/alat yaitu penumbukan (lesung/kincir air), penggilingan tipe Engelberg, Rice Milling Unit (RMU) dan penggilingan padi besar.
Penggilingan Padi Besar
1.    Perontokan padi. Alat yang digunakan adalah rontogan; bahannya gabah, padi gedengan, “hencak”; sehingga dihasilkan gabah kotor (kotoran: potpngan merang, kerikil, bubuk jenteng, pasir, paku/logam, dan lain- lain).
2.    Pembersihan gabah kotor. Alat yang digunakan adalah ayakan goyang (paddy cleaner/ hongkwl gabah), saringan kasar (batu, kerkil, paku, dan lain-lain), saringan halus (pasir) serta penarik logam; bahannya gabah kotor; sehingga dihasilkan gabah bersih.
3.    Pemecahan kulit (husking). Alat yang digunakan adalah pemecah kulit tipe silinder; bahannya gabah; sehingga dihasilkan beras pecah kulit, sebagian kecil gabah utuh yang lolos, lolosan (pesak halus bercampur dedak dan menir), serta sekam.
4.    Pemisahan pesak. Alat yang digunakan adalah husk separator (hongkwl pesak), saringan pesak, dan saringan lolosan; bahannya beras pecah kulit, sekam, lolosan; sehingga dihasilkan beras pecah kulit bersih, dan gabah.
5.    Pemisahan gabah (paddy separation). Alat yang digunakan adalah paddy separator atau disebut gedongan; prinsipnya adalah perbedaan bobot jenis antara beras pecah kulit dan gabah, serta kehalusan permukaan gabah dan beras pecah kulit. Pada permukaan miring, beras pecah kulit akan cepat turun, sementara gabah terdesak ke atas; dibuat kamar-kamar.
6.    Penyosohan. Alatnya adalah mesin penyosoh (rice polisher), mesin I (penyosohan I), mesin II (penyosohan II), alat terdiri dari batu penyosoh (batu amaril) dan lempengan karet, karena ada gesekan antara beras dengan batu, lempengan karet, dan antara sesama beras maka beras akan tersosoh; bahannya adalah beras pecah kulit; sehingga dihasilkan beras sosoh, dedak (mesin sosoh I),bekatul (mesin sosoh II); dedak dan bekatul langsung dipisahkan dengan aspirator.
7.    Grading. Alat yang digunakan adalah ayakan beras (honkwl beras); memisahkan beras kepala, beras patah dan meni.
Komunikasi
            Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
·         Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
·         Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
·         Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
·         Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
·         Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
·         Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Komunikasi dengan karyawan
·         Sering-sering menyapa karyawan saat bertemu baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan.
·         Bisa mengakrabkan diri dengan karyawan sehingga karyawan tidak akan takut untuk memberikan ide-ide yang dimiliki.
·         Memberikan perintah dengan jelas sehingga mudah dimengerti oleh bawahan.
·         Setidaknya mengetahui nama karyawan bila akan memanggil mereka sehingga antara atasan dan karyawan tidak ada kesenjangan.
Komunikasi dengan langganan
Dengan langganan atau konsumen pun harus dibina komunikasi terus-menerus agar konsumen tidak lupa dengan produk perusahaan. Suatu perusahaan baru bisa dikatakan sukses jika terbentuk pada dirinya sikap “Patronage Buying Motive”, sikap dimana seseorang selalu ingin berbelanja ke toko tertentu saja. Sikap ini dapat terjadi jika hubungan konsumen dan pemilik toko terjalin dengan baik.
Komunikasi dengan masyarakat
Perusahaan pasti hidup dan berada di tengah masyarakat, antara keduanya pun haruslah terjadi komunikasi. Cara berkomunikasi dengan masyarakat salah satu contohnya adalah saat masyarakat sedang merayakan hari idul fitri,perusahaan dapat mendekorasi seluruh tokonya dengan nuansa idul fitri guna menyambutnya, demikian pula dengan perayaan-perayaan lainnya.
Komunikasi dengan lembaga pemerintah
Disini orang yang bergerak di bidang bisnis haruslah mematuhi peraturan-peraturan yang telah disepakati oleh pemerintah. Perusahaan juga berkomunikasi dengan cara mengisi lengkap dokumen-dokumen yang ada, mematuhi segala peraturan,dan sebagainya.
Kepemimpinan
Pemimpin adalah suatu lakon atau peran atau ketua dalam sistem dalam suatu organisasi atau kelompok. Sedangkan kepemimpinan merupakan kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerja guna mencapai tujuan dan sasaran.
Dilihat dari tugasnya,pemimpin mempunyai tugas sebagai berikut :
·         Menentukan tujuan pelaksanaan kerja realitas (dalam artian kuantitas, kualitas, keamanan dan sebagainya)
·         Melengkapai para karyawan dengan sumber-sumber dana yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya.
·         Mengkomunikasikan pada karyawan tentang apa yang diharapkan dari mereka.
·         Memberikan susunan hadiah yang sepadan untuk mendorong prestasi.
·         Mendelegasikan wewenang apabila diperlukan dan mengundang partisipasi apabila memungkunkan.
·         Menghilangkan hambatan untuk pelaksanaan pekerjaan yang efektif.
·         Menilai pelaksanaan pekerjaan yang menkomunikasikan hasilnya.
·         Menunjukan perhatian pada karyawan.

Motivasi
             Motivasi diartikan juga sebagai suatu kekuatan sumber daya yang menggerakkan dan mengendalikan perilaku manusia. Motivasi sebagai upaya yang dapat memberikan dorongan kepada seseorang untuk mengambil suatu tindakan yang dikehendaki, sedangkan motif sebagai daya gerak seseorang untuk berbuat. Karena perilaku seseorang cenderung berorientasi pada tujuan dan didorong oleh keinginan untuk mencapai tujuan tertentu.
Motivasi apakah seorang pemimpin untuk membangkitkan semangat kerja? Apakah dengan kata-kata yang tegas untuk menjalan aturan, apakah dengan penampilannya yang rapih, apakah dengan kecerdasannya Yang saya rasakan bukan hanya seperti itu. Selain daripada itu, ada sebagian sikap seorang pemimpin yang sering terlupakan, yaitu motivasa memberikan perhatian terhadap bawahannya. Begitu jarang sekali seorang pemimpin menyempatkan diri menghampiri ruang kerja bawahan, apabila mungkin apa salahnya setiap kali datang ke kantor melakukan hal seperti itu.
Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku manusia supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Motivasi semakin penting karena manajer membagikan pekerjaan kepada bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terintegrasi kepada tujuan yang diinginkan.



Refrensi
·         Tulus. 2006. Teknologi Pengolahan Beras (Teori dan Praktek). eBookPangan.com.
·            F.G. Winarno. 1987. Haruskah Kita Peduli rasa Nasi?. FTDC-IPB.

No comments:

Post a Comment