Thursday, July 14, 2016

Makalah Visi dan Misi Tujuan Perusahaan



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani Strategos atau strategus dengan kata jamak strategi. Strategi berarti jendral tetapi dalam Bahasa Yunani kuno sering berarti perwira negara (state officer) dengan fungsi yang luas. Pada abad ke 5 SM sudah dikenal adanya Broad of Strategy di Athena, mewakili 10 suku di Yunani. Hingga Abad ke 5, kekuasaan politik luar negeri dari kelompok strategi itu semakin luas. Lama kelamaan strategi memperoleh pengertian baru.
Dalam arti yang sempit, menurut Matloff (salusu, 1996:85) strategi berarti the art of the general (seni jendral). Dalam Yunani Kuno jendral dianggap bertanggung jawab dalam suatu peperangan, kalah atau menang.
Hax dan Majluf (Salusu, 1996) mencoba menawarkan rumusan yang komprehensif tentang strategi sebagai berikut.
1.      Suatu pola keputusan yang konsisten, menyatu dan integral.
2.      Menentukan dan menampilkan tujuan organisasi dalam pengertian sasaran jangka panjang, program bertindak, dan prioritas sumber daya.
3.      Menyeleksi bidang yang akan dilakukan atau akan dilaksanakan organisasi.
4.      Mencoba mendapatkan keuntungan yang mampu bertahan lama, dengan memberikan respon yang tepat terhadap peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal organisasi, dan kekuatan serta kelemahannya.
5.      Melibatkan semua tingkat hierarki dari organisasi.
Beberapa devinisi diatas menurut perumusan tadi, strategi menjadi suatu kerangka yang fundamental tempat suatu organisasi akan mampu menyatakan kontinuitasnya yang vital, sementara pada saat yang bersamaan ia akan memiliki kekuatan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang selalu barubah.
Menurut Ismail Solihin (2012:24) Strategi tidak didefinisikan hanya semata-mata sebagai cara untuk mencapai tujuan karena strategi dalam konsep management strategi mencakup juga penetapan berbagai tujuan itu sendiri (melalui berbagai keputusan strategi (strategic decision) yang dibuat oleh menajemen perusahaan) yang diharapkan akan manjemin terpeliharanya keunggulan kompetitif perusahaan. Strategi manajemen dirancang untuk menjadi pegangan bagaimana seharusnya bisnis perusahaan dijalankan dan bagaimana pemgambilan keputusan diambil dianatara berbagai alternative pilihan tindakan yang tersedia. Strategi didasarkan misi yang telah ditetapkan untuk menuju visi yang diinginkan.
Setiap perusahaan, mempunyai perbedaan dala proses merumuskan dan mengarahkan kegiatan menajemen strateginya. Perencanaan yang baik telah mengembangkan proses yang lebih rinci. Tetapi terlepas dari perbedaan dalam hal rincian dan tingkat formalitas ini, komponen dasar dari model-model yang digunakan untuk menganalisis operasi menajemen strategi ini sangat mirip.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan.?
2.      Bagaimana proses dari Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaa.?

1.3  Tujuan Masalah
1.      Memahami bagaimana pengertian dari Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan.
2.      Menggetahui bagaiman proses dari Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan.









BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Visi Perusahaan
Menurut Ismail Solihin (2012:21) peryataan visi menunjukkan arah strategis perusahaan untuk mencapai berbagai hasil di masa mendatang sehingga akan menuntun pengarahan sumber daya perusahaan bagi pencapaian berbagai tujuan tersebut. Visi yang dibuat oleh perusahaan memiliki kaitan yang sangat erat dengan Misi perusahaan, dalam arti strategis yang dinyatakan di dalam Visi masih berada di dalam lingkup usaha yang dijalankan oleh perusahaan. Visi perusahaan lebih menggambarkan “What do you want to become” sedangkan Misi perusahaan lebih menunjukkan “What is our business.[1]
Ruben Mark, mantan CEO Colgate menyakini sebuah misi yang jelas harus semakin masuk akal secara Internasional. Pemikran Mark tentang Visi adalah sebagai berikut:
Jika ingin mengajak semua orang dibawah bendera perusahaan, adalah hal yang penting untuk memperkenalkan satu visi secara global alih-alih berusaha menyatukan beragam pesan dalam berbeda. Triknya adalah dengan membuat visi sederhana sekaligus menggigit: "kami membuat komputer tercepat di dunia" atau "layanan telpon untuk semua orang." Anda tidak perlu membuat orang mengakong senapan mesin hanya untuk tujuan-tujuan finansial. Hal yang dibutuhkan hanyalah membuat orang merasa lebih baik, merasa menjadi bagian dari sesuatu.
Visi juga mempunyai beberapa manfaat, diantaranya:
1.      Memudahkan komitmen semangat kerja karyawan.
karyawan tidak akan bekerja dengan penuh antusias jika dia tidak tahu untuk apa dia bekerja.
Namun, jika dia tahu apa kontribusi perusahaan pada masyarakat dia akan termotivasi bahwa dia bekerja bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat.
2.      Menumbuhkan rasa kebermaknaan.
salah satu tempat karyawan mencari makna kehidupan adalah lingkungan pekerjaannya.
3.      Menumbuhkan standar yang prima.
Jika seorang karyawan memahami dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, dia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.   

Setiap perusahaan senantiasa mempunyai cita-cita ideal yang hendak dicapai. Citai-cita. Tersebut akan diperjuangkan agar jati dirinya jelas, yakin citra nilai dan kepercayaan perusahaan. Visi perusahaan adalah citra nilai dan kepercayaan ideal. Dengan kata lain, Visi merupakan wawasan luas ke masa depan dari manajemen dan merupakan kondisi ideal yang hendak dicapai oleh perusahaan di masa yang akan datang. Visi memberi arah dan ide actual kepada manajemen dalam proses pembuatan keputusan, agar setiap tindakan yang akan dilakukan senantiasa berlandasan visi perusahaan dan memungkinkan untuk mewujudkannya.[2]
            Adapun karakteristik visi yaitu sebagai berikut.
a.       Diciptakan melalui permufakatan/konsesus.
b.      Memberikan pandangan atas segala sesuatu yang terbaik di masa yang akan datang.
c.       Mempengaruhi orang untuk menuju ke misi.
d.      Tanpa keterbatasan dimensi waktu.

2.2  Misi Perusahaan
Menurut David (2009:84), peryataan misi (mission statement) adalah sebuah deklarasi tentang "alasan keberadaan" suatu organisasi. pertanyaan misi harus menjawab pertanyaan paling penting, "apakah bisnis kita?". pertanyaan misi yang jelas sangat penting untuk menetapkan tujuan dan merumuskan strategi. Terkadang juga diistilahkan sebagai pertanyaan keyakinan (creed statement), sebuah pertanyaan filosofi, pernyataan kepercayaan, pernyataan prinsip-prinsip bisnis, atau pernyataan yang "menentukan bisnis kita", pernyataan misi menjelaskan ingin menjadi apa suatu organisasi dan siapa saja yang coba dilayaninya. Semua organisasi memiliki alasan kenapa mereka ada, meskipun bila para penyusun strategi tidak secara sadar mentranformasikan alasan ini kedalam bentuk tulisan.
Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan dalam uasahanya, mewujudkan visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian visi. Adapun manfaat misi antara lain:
a.       Memastikan tujuan dasar  organisasi.
b.      Memberikan basis atau standar untuk mengalokasikan SD di organisasi.
c.       Menciptakan kondisi atau iklim organisasi yang umum.
d.      Menjadikan titik utama bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah organisasi.
e.       Memfasilitasi penerjemahan tujuan menjadi struktur kerja yang melibatkan penungasan hingga elemen tujuan dalam bentuk sedemikian rupa hingga perameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dievaluasi dan dikontrol.
Menurut Davit, Fred R, (2009:102) terdapt Sembilan karakteristi yang harus terangkum dalam suatu misi perusahaan, dank arena misi perusahaan merupakan bagian dari proses strategic management yang akan dipublikasikan kepada masyarakat, maka misi perusahaan sebaiknya mencakup Sembilan komponen pokok tersebut, yang terdiri dari:
·         Customer
Secara eplisit misi harus menyebutkan siapa yang menjadi pelanggan bagi produk perusahaan.
·         Product or Services
Dalam hal ini secara spesifik perusahaan harus menyebutkan produk atau jasa apa saja yang dihasilkan oleh perusahaan.
·         Markets
Pernyataan ini menjelaskan di pasar mana produk perusahaan akan bersaing dengan produk yang dihasilkan oleh pesaing.
·         Technology
Pernyataan misi menyebutkan arah pengembangan teknologi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
·         Concern for survival, growth, and profitability
Dalam hal ini peryataan misi menunjukan secara komitmen perusahaan terhadap kelangsungan hidup perusahaan, pertumbuhan dan kemampuan untuk menghasilkan laba (proditabilitas).
·         Philosophy
Misi akan menjelaskan kepercayaan (beliefs), nilai (values), aspirasi, dan prioritas etis dari perusahaan.
·         Self Concept
Misi akan menjelaskan apa yang menjadi kompetensi unggulan (distinctive comperences) dari perusahaan dibandingkan pesaingnya.
·         Concern for public image
Misi akan menunjukan apakah perusahaan memiliki respons terhadap masalah-masalah social, kemasyarakatan maupun terhadap masalah lingkungan.
·         Concern for employees
Dalam hal ini pernyataan misi akan menunjukan apakah karyawan merupakan asset yang berharga perusahaan.

2.3  Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan merupakan pernyataan tentang keinginan yang akan dijadikan pedoman bagi manajemen perusahaan untuk meraih hasil tertentu atas kegiatan yang dilakukan dengan dimensi waktu tertentu. Dengan demikian tujuan memiliki karakteristik yang berbeda dengan visi maupun misi di antaranya:[3]
1.      Sesuai: tujuan selaras dengan visi dan misis.
2.      Berdemendi wsktu: tujuan harus konkrit dan bisa diantisipasi kapan terjadinya.
3.      Layak: tujuan hendaknya merupakan suatu tekad yang bisa diwujudkan
4.      Fleksibel: tujuan senantiasa bisa di sesuaikan atau peka terhadap perubahan situasi dan kondisi
5.      Mudah dipahami
Adapun empat alas an tujuan pentingnya tujuan bagi perusahaan dan bagi menajemen strategi, yaitu sebagai berikut:
1.      Tujuan membantu mendefinisikan organisasi dalam lingkungannya. Sebagai besar organisasi perlu membenarkan keabsahan eksistensinya, untuk mengabsahkan diri dalam pandangan pemerintah, kosumen, dan masyarakat luas. Dengan menetapkan tujuan, perusahaan akan menarik orang mengelali tujuan ini sehingga mau bekerja untuk mereka.
2.      Tujuan membantu mengkoordinasi keputusan dan pengambil keputusan. Tujuan yang menyatakan mengarahkan perhatian karyawan kepada norma perilaku yang dikehendaki. Tujuan dapat mengurangi pertentangan dalam pengambilan keputusan kalau semua karyawan mengetahui tujuannya. Tujuan menjadi kehendak dalam keputusan.
3.      Tujuan menyediakan norma untuk menilai pelaksanaan prestasi organisasi. Tujuan merupakan norma terakhir untuk organisasi menilai dirinya. Tanpa tujuan, oerganisasi tidak mempunyai dasar yang jelas untuk menilai keberhasilannya.
4.      Tujuan merupakan sasaran yang lebih nyata daripada pernyataan visi dan misi.
Menurut Gray dan Ricketts tujuan adalah lebih spesifik dibandingkan sasaran jika sasaran menentukan arah jangka panjang maka tujuan menentukan target-target khusus untuk dicapai dalam jangka waktu tertentu periode yang akan datang.
Secara tradisional dan historis suatu perusahaan dipandang sebagai lembaga ekonomi sehingga tujuan perusahaan sifatnya sederhana yaitu dinyatakan dalam ukuran efisiensi dan laba perusahaan memiliki tujuan tunggal yaitu mencari laba atau memaksimalkan laba. Pada saat sekarang perumusan tujuan perusahaan harus mempertimbangkan 3 faktor:
1.      Realitas lingkungan dan salaing berhubungan kekuasaan ekternal.
2.      Realitas sumbe-sumber dan saling berhubungan kekuatan internal perusahaan
3.      System nilai para eksekutif puncak.

2.4  Contoh Visi, Misi dan Tujuan Perusahaan
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industry, perdagangan dan konsultasi teknis sector pertanian/ perkembangan, PT. Bio Industri Nusantara memiliki misi, visi dan tujuan perusahaan yakni:
Visi
Menjadi perusahaan yang tanggu di bidang penyediaan sarana dan jasa produksi untuk meningkatkan produktifitas pertanian dan perkebunan yang berazaskan sustainabilitas.
Misi
1.      Memproduksi pupuk non kimia, bioaktivator dan biopestisida yang rumah lingkungan.
2.      Menyediakan sarana penunjang usaha pertanian dan perkebunan.
3.      Menyediakan jasa konsultasi untuk meningkatkan efisiensi usaha pertanian dan perkebunan berbasis kelastarian lingkungan.
4.      Melakukan kerja sama dengan mitra usaha yang saling menguntungkan.
Tujuan
Memupuk keuntungan melalui tata kelola bisnis yang baik dengan mengutamakan kepuasan pelanggan mitra usaha dan stakeholders lainnya.
2.5  Menyusun, Mengembangkan, dan Mengevaliasi Visi,Misi dan Tujuan
Dalam penetapan visi, perusahaan harus memenuhi persyaratan dan kriteria. Adapun persyaratan dan kriteria visi perusahaan secara umum antara lain:
1.      Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
2.      Dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
3.      Berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman.
4.      Memiliki nilai yang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan.
5.      Terfokus pada permasalahan instansi perusahaan agar dapat beroprasi.
Setelah menyusun visi yang baik bagi perusahaan, dapat ditentukan bagaimana visi bisnis perusahaan. Hal pertama yang dapat dilakukan dalam rangka menyusun visi perusahaan adalah dengan mengidentifikasikan aktivitas perusahaan berdasarkan impian yang ingin dicapai. Setelah itu, dapat ditetapkan pandangan masa depan perusahaan, ingin mencapai titik kesuksesan setinggi apakah perusahaan tersebut. Menyediakan gambaran besar yang mengambarkan siapa saja yang ada di dalam perusahaan tersebut, apa yang akan dilakukan setiap peronil perusahaan dan kemanakah arah pergerakan perusahaan.
Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana penyusun, mengembangkan serta mengevaluasi misi bisnis suatu perusahaan, perlu terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja komponen misi. Ada Sembilan komponen yang mutlak ada dalam sebuah misi apabila misi tersebut hendak menjadi misi yang efektif. Komponen-komponen misi tersebut antara lain:
1.      Konsumen atau Pelanggan, “Siapa pelanggan perusahaan?
2.      Produk atau Jasa, “Apa produk atau jasa utama perusahaan?
3.      Pasar, “Secera geografis, dimana perusahaan akan berkompetisi?
4.      Teknologi, “apakah perusahaan menerapkan teknologi terbaru?
5.      Pehatian akan keberlangsungan, pertumbuhan, dan profitbilitas, “Apakah perusahaan berkomitmen untuk pertumbuhan dan kondisi keuangan yang baik?
6.      Filosofi, “Apa dasar kepercayaan, nilai, aspirasi, dan prioritas etika perusahaan?
7.      Konsep diri, “Apa kemampuan khusus atau keuangan kompetitif perusahaan?
8.      Perhatian akan citra publik, “Apakah perusahaan responsive terhadap pemikiran sosial, masyarakat dan lingkungan?
9.      Perhatian pada karyawan, “Apakah karyawan aset yang berharga untuk perusahaan?
Setelah mengetahui komponen misi yang baik bagi suatu perusahaan, dapat ditemukan strategi penyusunan misi dari sebuah perusahaan. Hal pertama yang dapat dilakukan dalam rangka menyusun misi perusahaan adalah dengan menetapkan perusahaan menjadi bagian-bagian yang kecil. Setelah itu, barulah dapat ditentukan bagaimana bagian-bagian dari perusahaan tersebut akan bergerak mencapai visi perusahaan.
Melaksanakan pengembangan visi dan misi perusahaan tentunya membutuhkan sebuah pendekatan. Satu pendekatan yang digunakan secara luas untuk mengembangkan visi dan misi antara lain melalui langkah-langkah:
1.      Pertama-tama memilih beberapa artikel atau dokumen mengenai pernyataan ini meminta semua manajer untuk membaca sebagai informasi latar.
2.      Meminta para manajer untuk membuat sendiri pernyataan visi dan mis bagi organisasi.
3.      Meminta seorang fasitator atau dewan manajer puncak, menyatukan pernyataan-pernyataan ini ke dalam sebuah dokumen dan membagikan draf pernyataan kepada semua manajer.
4.      Permintaan akan perubahan, penambahan, dan penghapusan diperlukan setelahnya, saat diadakan sebuah pertemuan untuk merevisi dokumen tersebut.
5.      Bagitu semua manajer telah memberikan masukan mereka serta mendukung dokumen final, organisasi dapat dengan mudah memperoleh dukungan manajer untuk aktivitas perusahaan, penerapan, dan pengevaluasian strategi.
6.      Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung upaya ini, salah satu cara yang paling sering dan lazim digunakan adalah  dengan membentuk forum-forum diskusi.
2.6  Pendekatan Pengambilan Keputusan
Menurut Lawrence R. Jauch & W.F Glueck (1996) ada berbagai teori tentang bagaimana pengambilan keputusan, mengambil suatu keputusan, namun sebagian besar penulis memusatkan perhatiannya pada tiga cara pendekatan, yaitu rasional analisi, intuitif emosional, dan perilaku politis (behavioral political).[4]
A.    Pengambilan Keputusan yang rasional-analisis
Dalam model ini, pengambilan keputusan merupakan seseorang aktor yang tunduk-tunduknya bukan saja cerdas tetapi juga rasional. Aktor memilih keputusan dengan penuh kesadaran tentang semua alternative yang mungkin ada untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Oleh karena itu, pengambil keputusan mempertimbangkan semua alternative dan segala akibat dari pilihan yang dapat diambilnya, menyusun segala akibatnya dengan memperhatikan skala pilihan (scale of performsnce) yang pasti, dan memiliki alternative yang memberikan hasil maksimum.

B.     Pengambilan Keputusan yang Intuitif-emosional
Lawan dari pengambilan keputusan yang rasional adalah pengambilan keputusan yang intuitif. Pengambil keputusan ini menyukai kebiasaan dan pengalaman, perasaan yang mendalam, pemikiran yang reflektif dan naluri dengan menggunakan proses alam bawah sadar. Proses ini dapat disorong oleh naluri, orientasi kreatif, dan konfrontasi kreatif. Pengambilan keputusan intuitif mempertimbangkan sejumlah alternative dan peluang secara serempak meloncat dari satu langkah dalam analisis atau mencari yang lain dan kembali lagi.
Beberapa orang yang menekankan intuisi atau pendapat sebagai cara pendekatan yang disukai, menunjukkan bahwa dalam banyak persoalan, pertimbangan mungkin mengarah ke keputusan yang lebih baik dari pada teknik mengoptimumkan. Misalnya, analisis kepekaan alat seperti pesanan dalam jumlah yang paling ekonomis (EOQ = economic order quantity). Model ini menggunakan bahwa ada pesanan jumlah optimal berkenaan dengan untuk rugi (trade-off ) dari biaya pemesanan dan penyimpanan. Tetapi mungkin akan menjadi jauh dari “optimal” ini dakan banyak hal tanpa dampak sangat nyata pada perbedaan pembiayaan keseluruhan. Oleh karena itu, di sini pertimbangan factor lainnya dalam suasana keputusan dapat mengarah ke kesimpulan menyeluruh yang lebih baik berkenaan dengan jumlah pesanan, dari pada tetap berpegang pada keputusan dapat mengarah ke kesimpulan menyuruh yang lebih baik berkenaan intuitif tentang apa yang dikemukakan data. Dalam banyak kasus, pertimbangan seperti ini mungkin lebih disukai dari pada mengandalkan analisis.
C.    Pengambilan Keputusan Secara Politis-perilaku
Pendangan ketiga mengemukakan bahwa pengambil keputusan yang sesungguhnya harus mempertimbangkan sejumlah tekanan dari orang lain yang terpengaruh oleh keputusan mereka. Serikat buruh menukarkan tenaganya untuk upayah yang paling pantas dan jaminan kerja. Konsumen menukarkan uang mereka dengan produk dan jasa. Pemilik menukar modalnya untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan dari investasinya. Pemasok (supplir) menukarkan perlindungan dan jaminan ekonomi dengan pajak. Bahkan pesaing pun menukarkan informasi satu sama lainnya melalui asosiasi perdagangan atau hubungan lainnya, dan sebaiknya.
Sedangkan jika ditinjau dari  kondisi keputusan yang harus diambil, terdapat empat pengambilan keputusan, yaitu:
1.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti (certainty).
2.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung risiko.
3.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti.
4.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbulkan karena pertentangan dengan keadaan lain.
D.    Gaya Pengambilan Keputusan
Salah satu pandangan mengenai gaya-gaya pengambilan keputusan menurut Robbins dan D A. De Cenzo dalam bukunya “Supervision Today”, didasarkan pada pendekatan dua dimensi dalam pengambilan keputusan yaitu:
1.      Cara berpikir seseorang, yaitu didasarkan pada anggapan bahwa sebagian di antara kita cenderung lebih bersifat rasional dan logis dalam cara berfikir atau memproses informasi. Tipe rasional ini memandang informasi secara teratur dan memastikan bahwa informasi itu logis dan konsisten sebelum mengambil keputusan.
2.      Dimensi yang menggambarkan toleransi seseorang akan ambiguitas. Tipe ini lebih cenderung kea rah intuitif yang memandang bahwa memproses informasi tidak harus menurut urutan tertentu melainkan memandangnya sebagai kesuluruhan atau banyak pikiran sekaligus.


Untuk lebih jelasnya mengenai keterhubungan dua dimensi tersebut, sangat dilihat pada Gambar 3.1 berikut.
 











1.      Gaya direktif, yaitu suatu gaya pengambilan keputusan yang dicirikan oleh toleransi yang rendah untuk ambiguitas/ketidak jelasan dan cara berfikir rasional.
2.      Gaya analisi, yaitu suatu gaya pengambilan keputusan yang dicirikan oleh toleransi yang tinggi terhadap ambiguitas dan cara berfikir yang rasional.
3.      Gaya konseptual, yaitu suatu gaya pengambilan keputusan yang dicirikan oleh toleransi yang tinggi terhadap ambiguitas dan cara berfikir yang intuitif.
4.      Gaya perilaku, yaitu suatu gaya pengambilan keputusan yang dicirikan oleh toleransi yang rendah terhadap ambiguitas dan cara berfikir yang intuitif.



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dapat disimpulkan pula bahwa misi adalah alas an mengapa perusahaan itu dirikan. Misi perusahaan membesakan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Visi dan misi memberikan manajer kesatuan arah yang melebihi kepentingan probadi, kepentingan sempit semata. Visi dan misi mendatangkan rasa pengharapan yang sama di antara semua tingkatan dan angkatan karyawan. Visi dan Misi menegaskan nilai dan tujuan yang dapat dipahami dan diterima oleh semua pihak luar perusahaan. Akhirnya visi dan misi menguatkan komitmen perusahaan terhadap kegiatan yang bertanggung jawab, yang sejalan dengan kebutuhannya untuk mempertahankan dan melindungi klaim-klaim penting dari orang-orang perusahaan, bahkan suatu kelangsungan hidup yang tahan lama, tumbuh dan menguntungkan perusahaan.
3.2  Saran
Visi   dan   Misi   bagi   sebuah   perusahaan   sangat   penting.   Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan perlu mengadopsi visi, misi dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi sumber daya manusia dan budaya perusahaan yang tepat pula. Dalam menghadapi perubahan, diperlukan kehati-hatian   untuk   dapat   menyesuaikan   diri dengan   perkembangan   dan sekaligus menjaga kelangsungan organisasi agar mampu bertahan hidup. Oleh karena itu, perlu ditetapkan visi, misi, dan tujuan perusahaan yang jelas.








DAFTAR PUSTAKA
Solihin, Ismail, 2012. managemen Strategi. Penerbit erlangga, Jakarta
Manajemen strategi /oleh Iwan Purwanto. Copyright 2006 pada CV.YRAMA WIDYA
http://www.tradingindonesia.com/index.php/id/tentang-kami/profil/visi-misi


[1] Solihin, Ismail, 2012. managemen Strategi. Penerbit erlangga, jakarta
[2] Manajemen strategi /oleh Iwan Purwanto. Copyright 2006 pada CV.YRAMA WIDYA
[3] Manajemen strategi /oleh Iwan Purwanto. Copyright 2006 pada CV.YRAMA WIDYA
[4] Manajemen strategi /oleh Iwan Purwanto. Copyright 2006 pada CV.YRAMA WIDYA

2 comments:

  1. makalah yang sangat bagus. Apalagi kalau dipadukan dengan Visi Misi Kepala Desa ini.

    ReplyDelete
  2. Menurut David Fred R terdapat 9 karakteristik yang harus terangkum dalam misi perusahan salah satunya filosofi,
    APA YANG TERJADI JIKA KARAKTERISTIK FILOSOFI TERSEBUT TIDAK ADA DALAM SUATU PERUSAHAAN?
    DAN APA PENGARUHNYA DALAM MISI PERUSAHAAN TEESEBUT?

    ReplyDelete