Monday, July 18, 2016

Mahasiswa Abadi ?” Aib



“Mahasiswa Abadi ?” Aib !

Membicarakan mahasiswa tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari aspek kehidupannya, prestasi, dan masalah-masalahnya. Lulus tepat waktu merupakan salah satu impian utama kebanyakan mahasiswa. Sebaliknya lulus tidak tepat waktu merupakan aib bagi mahasiswa.
Lulus terlambat memang menjadi sebuah aib bagi hidup seorang mahasiswa. Ada banyak alasan seorang mahasiswa lulus terlambat. Pertama, ia kuliah sambil bekerja. Kedua, ia kuliah tapi lebih menyelami organisasinya. Ketiga, mahasiswa itu sangat malas.
Lulus terlambat sangat merugikan apapun alasannya. Pertama, lulus terlambat itu merugikan diri mahasiswa itu sendiri. Sebab, kalau dia sudah lulus sebenarnya dia dapat merencanakan pekerjaannya, merancang bisnisnya, atau melanjutkan studinya. Jadi mahasiswa yang telat lulus itu buang-buang waktu.
Kedua, merugikan orang tua. Biaya kuliah itu tidaklah murah. Untuk membayar administrasi dan untuk biaya hidup itu juga tidak menghabiskan uang yang sedikit. Artinya semakin lama seorang mahasiswa itu lulus, maka semakin banyak pengeluaran orang tua untuk keperluan kuliahnya. Kasihan orang tuanya.
Ketiga, merugikan pemerintah dan masyarakat. Setiap tahun pemerintah setidaknya mengeluarkan 30.000.000/orang/tahun untuk subsidi kuliah. Biaya itu diambilkan dari pajak yang bersumber dari masyarakat. Artinya jika seorang mahasiswa tidak kunjung lulus kuliah, ia telah menghabiskan banyak anggaran negara. Ia juga telah membuang-buang uang rakyat. Berarti itu merupakan pemborosan.
Oleh karena itu, lulus terlambat itu tidak baik, aib bagi mahasiwa itu sendiri dan  merugikan semua orang.

No comments:

Post a Comment