Tuesday, July 5, 2016

Soal Soal dan Jawaban Sistem Akuntansi



JAWABAN SOAL UTS
1.      Sistem Akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.
·         Unsur-unsur yang terdapat dalam sistem akuntansi yaitu ada 5 unsur sebagai berikut :
1.      Formolir, merupakan dokumen yang digunakan untuk merekam terjadinya transaksi. Dengan formolir ini, data yang bersangkutan dengan transaksi yang direkam pertama kali dijadikan dasar dalam pencatatan.
2.      Jurnal, merupakan catatan akuntansi pertama yang digunakan uantuk mencatat, mengklasifikasikan, dan meringkas data keungan dan data lainnya. Dalam jurnal ini pula terdapat kegiatan peringkasan data, yang hasil peringkasannya kemudian di-posting ke rekening yang bersangkutan dalam buku besar.
3.      Buku Besar (general ledger), terdiri dari rekening-rekening yang digunakan untuk meringkas data keuangan yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal. Rekening buku besar ini di satu pihak dapat dipandang sebagai wadah untuk menggolongkan data keuangan, di pihak lain dapat dipandang pula sebagai sumber informasi keuangan untuk penyajian laporan keuangan.
4.      Buku Pembantu (susbsidiary ledger), terdiri dari rekening-rekening pembantu yang merinci data keuangan yang tercantum dalam rekening tertentu dalam buku besar. Buku besar dan buku pembantu merupakan catatan akuntansi akhir, yang berarti tidak ada catatan akuntansi lain lagi sesudah dataakuntansi diringkas dan digolongkan dalam rekening buku besar dan buku pembantu.
5.      Laporan, merupakan hasil akhir proses akuntansi yang berupa neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan laba ditahan, laporan harga pokok produksi, laporan biaya pemasaran, laporan harga pokok penjualan, daftar umur piutang, daftar utang yang akan dibayar, dan daftar saldo persediaan yang lambat penjualannya.

3.      Metodologi sistem akuntansi
Definisi adalah langkah-langkah yang dilalui oleh analisis sistem dalam pengembangan akuntansi.
 


4.      sistem pengendalian intern adalah suatu kerangka yang terdiri dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan dalam melakukan suatu kebisaaan dalam perusahaan guna mengendalikan jalannya perusahaan yang mencakup dan mengamankan harta, memeriksa kecermatan dan kebenaran administrasi atau akuntansi, memajukan efisiensi dalam operasi dan membantu menjaga kebijaksanaan perusahaan untuk dipatuhi. Jadi dengan adanya pengendalian intern akan dapat memberikan kemudahan bagi pihak manajemen dalam melakukan penyesuaian terhadap hal-hal yang diperkirakan sebelumnya.
Unsur-Unsur Sistem Pengendalian Intern dalam Manajemen Menurut Mulyadi untuk menciptakan sistem pengendalian intern yang baik dalam perusahaan maka ada empat unsur pokok yang harus dipenuhi antara lain:
1. Struktur organisasi yang memisahkan tanggungjawab fungsional secara tegas
2. Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup terhadap kekayaan, utang, pendapatan dan biaya
3. Praktik yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi 4. Karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggungjawabnya Sistem pengendalian intern yang memadai bagi perusahaan mempunyai persyaratan yang berbeda-beda, tergantung dari sifat serta keadaan masing-masing perusahaan. Dalam artian tidak ada sistem pengendalian intern yang bersifat universal yang dapat dipakai oleh seluruh perusahaan.

Sistem Pengendalian Intern dan dampaknya pada
Kinerja Sri Lanka Telecom di Jaffna Daerah
Baru-baru ini komunikasi sangatlah penting untuk melakukan bisnis pada setiap aktivitas perusahaan. Maka dari itu banyak penyededia jasa telkomonikasi di Sri lanka. Dengan demikian  keungan di perusahaan akan benar-benar teraudit oleh badan yang bertanggung jawab pada setiap organisasi. Oleh karena itu kegiatan akan terkontrol secara efektif dalam perusahaan.
Artikel ini mencoba membahas sitem control internal yang berpengaruh pada kinerja Sri Lanka Telkom yang terbatas. Dalam pembelajaran ini menggunakan data primer dan sekunder, namun teknih pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini bergantung pada data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan pengamatan. mengambil sampel dari staf Sri Lanka Telkom yang terdiri dari (60) karyawan perusahaan.  Sebagian besar teknik korelasi dan analisis Swot merupakan alat utama yang sering digunakan dalam analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara sistem control internal terhadap kinerja organisasi di Sri Lanka Telkom. Dan juga dapat diketahui bahwa sitem control internal akan meyebabkan kenerja organisasi yang baik dimasa depan.
Sumber artikel International Journal of Advanced Computer Technology (IJACT)

No comments:

Post a Comment